1

Chocolate Roses on Rainbow Cake (My first Chocolate Modelling)

Posted by Neny wisfah on 12.50 in
Setelah melihat Lapis prunenya dek Lisa donna si tuan rumah Dapur Vanilla yang berhias chocolate Modelling, akhirnya kepo saya kumat dan  terinspirasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang modelling chocolate. Pulang ngajar setelah sholat dan beres beres dimulailah petualangan saya dengan mbah Google dan dengan sekali klik ketemu juga dengan Modelling Chocolate di situsnya wicked goodies

Walaupun mulanya agak ragu, akhirnya saya putuskan untuk mencoba membuat modelling chocolate atau disebut juga coklat clay, karena teksturnya yang mirip banget dengan play doughnya anak anak TK.

 Bahan bahan yang dibutuhkan hanya ada 2 yaitu:
  1. Coklat blok atau coklat chips yang ditim hingga leleh (dicairkan)
  2. Corn syrup/glucose/sirup gula, dalam kasus saya berhubung bahan yang nomor dua ini tidak ada saya ganti dengan corn syrup kw alias home made, yang dibuat dari
  • 400 gr gula pasir dimasak dengan
  • 150 ml air hangat, setelah gula cair tambahkan
  • 2 gr citrid acid/ 2 sdm air jeruk nipis, aduk aduk hingga mendidih lalu angkat dari kompor dan tambahkan
  • 0,5 sdt baking soda,aduk kembali,  glucose atau corn syrup kw siap digunakan..
Untuk takarannya coklat dan sirup gulanya harap disesuaikan dengan jenis dan merk coklat, karena setiap coklat punya komposisi yang berbeda beda. Berikut resep yang saya dapat di wickedgoodies
 untuk: 
  •  WCC (white cooking chocolate), 340 gr wcc dan 116 gr glucose
  • MCC (milk chocolate syrup), 340 gr mcc dan 139 gr glucose
  • DCC (dark cooking chocolate), 340 gr dcc dan 174 gr glucose 
Cara Membuat,
  • Campur coklat yang sudah dicairkan dengan glucose lalu diaduk hingga rata dan menggumpal. Tuang ke atas plastik wrap dan bungkus yang rapat.
Ini hasil karya saya yang pertama dengan moco
  • Simpan di kulkas 1-2 jam, keluarkan dari kulkas lalu uleni hingga lembut dan kalis.Bila masih agak lengket boleh ditaburi sedikit maizena.
  • coklat clay siap digunakan, diwarnai dan dibentuk sesuka hati seperti fondant. 
 
 
 





1 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 NENY'S KITCHEN All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.